Jangan Salah Pilih! Berikut 5 Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Bagi yang sering membuat kue pasti sudah pernah mendengar kata baking powder dan baking soda, keudanya sama-sama untuk bahan makanan, tapi jangan sampai salah pilih.

Bagi Kamu yang hobi mengakibatkan kue, sudah tentu tidak dapat jauh-jauh berasal dari baking soda dan baking powder untuk kue. Bubuk putih yang biasanya dikemas dalam botol kecil ini secara bentuk, bau, dan rasa hampir tidak ada bedanya. Yang membedakan hanya postingan pada label kemasannya. Jika tidak ada label, sudah tentu dapat ringan tertukar.

Baking soda dan baking powder merupakan pengembang adonan. Cara kerjanya sama, yaitu menghasilkan gelembung-gelembung gas (karbon dioksida) agar volume kue jadi lebih besar.

Ada beraneka model kue yang mampu dibuat seperti chiffon cake, muffin, bolu yang seutuhnya mengfungsikan model pengembang berbeda. Kamu tentunya tak ingin dong mengakibatkan chiffon cake tapi jadinya bantat dengan kata lain keras.

Kesalahan penggunaan baking soda dan soda kue terlihat sepele, tapi dapat sangat pilih hasil akhir kue. Kamu juga yang rugi karena sudah capek-capek mengakibatkan kue bersama dengan bahan yang tidak murah seperti telur, keju, tepung, dan seterusnya tapi hasilnya mengecewakan. Biar tidak kecewa bersama dengan hasilnya, cermati perbedaan baking soda dan soda kue selanjutnya ini.

1. Perbedaan berasal dari Kandungannya

Dilihat berasal dari kandungannya baking powder adalah bahan pengembang kue yang terbuat berasal dari natrium bikarbonat serta dicampur bahan asam. Bahan asam yang digunakan seperti sodium asam pirofosfat, cream of tartar hingga bahan pengemulsi.

2. Perbedaan Kekuatan Pengembang

Ini yang paling perlu yaitu kekuatan berasal dari masing-masing, cobalah tebak berasal dari keduanya manakah yang mampu mengakibatkan kue mengembang lebih baik? Jawabannya adalah baking soda. Alasannya karena bahan yang digunakan adalah 100% natrium bikarbonat tanpa campuran bahan asam lainnya.

3. Perbedaan Cara Menggunakan

Perlu diingat juga bahwa penggunaan baking soda dan soda kue cukup berbeda. Adonan kue yang sudah dicampur bersama dengan baking soda mesti langsung dipanggang atau dikukus. Apabila dibiarkan kelamaan di luar maka adonan tidak dapat mengembang.

4. Perbedaan Rasa Kue

Kue yang dihasilkan juga dapat mempunyai rasa yang berbeda, jadi anda tidak mampu serampangan untuk pilih pengembang. Kamu tentu pernah merasakan kue yang sudah mempunyai tekstur empuk dan lembut tapi kok rasanya pahit seperti mengfungsikan pemanis buatan. Rasa pahit bukan dihasilkan berasal dari pemanis buatan tapi karena si pembuat kue mengfungsikan baking soda dalam kuantitas berlebihan.

5. Bisakah Keduanya Digantikan?

Perbedaan baking soda dan soda kue yang seterusnya adalah keduanya tidak mampu serampangan diganti bersama dengan pengembang lainnya. Apabila tidak mempunyai baking soda di rumah, baking powder mampu digunakan untuk menggantikan. Tapi mesti diingat, penggunaannya mesti sesuai kadar karena adonan sendiri sudah mempunyai bahan asam.